Review Respiro Base Layer Fungsi dan Manfaatnya

Review Respiro Base Layer Fungsi dan Manfaatnya

Rahasia Pembalap Saat Memakai Wearpack adalah Base Layer

Referensi : //iwanbanaran.com/2013/09/12/rahasia-para-pembalap-tetap-adem-saat-memakai-wearpack/

09.1-valentino-rossi-in-action

Apakah pernah anda bayangkan, betapa tidak nyamannya badan saat memakai wearpack tebal yang terbuat dari kulit. Desain baju balap tersebut memang diracik agar sirkulasi udara dapat masuk kedalam sela-sela lubang kecil dibeberapa bagian jaket. Tetapi tidak bisa diingkari bahwa gesekan kulit tubuh dengan bahan wearpack yang berasal dari kulit kangguru bisa membuat rider mengalami overheat jika dipakai lebih dari setengah jam. Nah, tahukah anda rahasia agar siksaan tersebut tidak mendera para pembalap di sirkuit?

09.2-rossi-break-at-commercial

Coba anda perhatikan, para pembalap pasti menggunakan baju hitam press bodyfit sebelum memakai wearpack. Material campuran 95% polyester dan 5% spandex ini ampuh membuat pemakai merasa sejuk dan lembut. Pakaian ini biasa disebut dengan Base Layer, lapisan paling dalam bersifat “heat vaporization” dapat menetralisir panas badan sehingga temperatur disekitar tubuh akan tetap terjaga. Walaupun rata-rata base layer berwarna gelap, material ini mampu menahan sinar UV matahari. Semua semakin komplit dengan kemampuan material yang elastis, nyaman dipakai dan pas untuk badan. Dibanding jenis Katun/Cotton, Base Layer yang terbuat dari polyester lebih cepat kering ketika basah terkena keringat yang bercucuran dan yang terpenting tidak meninggalkan akan meninggalkan bau. Maka, karena alasan itulah Base layer dipilih sebagai perangkat utama para rider sebelum memakai wearpack. Berikut kelebihan Respiro Base Layer :

1. Mencegah iritasi pada saat memakai jaket, lembut dan nyaman dikulit.
2. Cepat kering saat berkeringat dan tidak meninggalkan bau (sifat ini tidak dimiliki oleh Cotton)
3. Menyerap panas suhu sekitar sehingga menjaga temperatur body, serta menghangatkan ketika suhu dingin.
4. Material elastis dan bodyfit

Mantab Bukan ?. Di beberapa “Wearpack Modern” terkini, Base Layer sudah dicangkokkan langsung (integrated) di lapisan sisi dalam (lining) dari jaket tersebut. Sayang. Dibalik segala kelebihan yang ditawarkan, Base Layer termasuk mahal. Kalo anda survey harga, rata-rata base layer import (merk luar negeri) dijual dengan harga antara 700.000 hingga 1.5000.000 rupiah.

Tentu saja bukanlah harga yang murah untuk baju yang terkesan “tipis”, jika tidak melihat fungsi utamanya. Sudah mahal, hanya merk papan kelas atas yang menjual base layer ini. Sekitar 1 tahun yang lalu saat ngobrol dengan saya, Owner RESPIRO, yaitu Pak Arif mempunyai cita-cita menjual base layer dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas dan fungsi dasarnya. Sebelumnya Respiro hanya merilis base layer berdasarkan pesanan tanpa dijual secara massal ke publik seperti untuk Event Ring of Fire (ROF) dan beberapa event touring yang disponsori RESPIRO-RIDINGWARE. Menimbang dan memikirkan harga material yang sangat mahal dalam mewujudkan “perangkat” menjadi lebih terjangka, dibutuhkan waktu hingga hampir 1 tahun lamanya untuk menggodoknya. Dan pada akhirnya muncullan Base Layer Respiro yang kita kenal saat ini.

Hanya bagian atas tubuh tidak sampai kaki (UPDATE : sekarang sudah ada varian untuk bagian bawahnya), RESPIRO-RIDINGWARE resmi merilis Base Layer dan dijual secara bebas dengan harga yang terjangkau. “190.000 adalah harga terbaik yang bisa kita kasih untuk konsumen kita” Pak Arif serius (UPDATE : Harga menjadi 220.000,- terhitung januari 2014). Siapa penggemar ridingwear yang tidak kegirangan. Tetapi IWB sangat penasaran dengan material yang digunakan oleh Base Layer Respiro ini, Makanya saat berkunjung ke Base Camp Respiro di Cimahi, mata berbinar untuk mencoba barang yang sudah di depan mata ini. Pertanyaannya; “kok murah benar ya?”, jangan-jangan kualitas jauh dibanding merek terkenal yang mahal itu. “Anda tes aja langsung untuk membuktikannya” seru Pak Arif dengan kepercayaan diri yang tinggi. “Nantang nih…” dalam hati, IWB langsung mencoba pada saat mengantar istri ke kantor.

Kesimpulannya “Joss Gandoss…”. Ketika memakai jaket, badan menjadi lebih adem dan nyaman. kelebihannya lagi, kerah base layer sampai keatas leher, mampu melindungi dengan optimal.

Penampakan Base Layer Respiro :

09.3-respiro-base-layer-dekat-01

09.4-respiro-base-layer-dekat-02

Review Respiro Base Layer oleh Haryo Widodo

Referensi : //haryowidodo.com/2014/01/20/respiro-base-layer-review/

10.1-haryo-base-layer-respiro-01

Hal yang paling membuat kita nyaman ketika sedang riding adalah tidak gerah atau pun kedinginan. Terutama soal gerah, akan sangat tidak nyaman bagi kita jika kita berkendara di saat cuaca panas, hal tersebut terjadi karena pakaian yang kita pakai dibalik jaket tidak dapat mengatur atau menjaga suhu tubuh kita. Jika suhu tubuh kita terjaga kita tidak akan merasa panas

atau pun kedinginan.

10.2-haryo-base-layer-respiro-02

Nah.. fungsi base layer adalah itu, dengan material campuran 95% polyester dan 5% spandex ini ampuh membuat pemakai merasa sejuk. Base layer Respiro memiliki spesifikasi tersebut, dengan bahan yang lembut dan memiliki lapisan “heat vaporization” yang fungsinya menetralisir badan dari kepanasan sehingga temperatur disekitar tubuh tetap terjaga. Material ini mampu menahan sinar UV dari matahari, lalu kemampuan material yang elastis, sehingga nyaman dan mengikuti bentuk badan.

10.3-haryo-base-layer-respiro-03

10.4-haryo-base-layer-respiro-04

Sepanjang perjalanan  di One Day Ride ke Jogja, Respiro Base Layer ini membuat badan sejuk dan nyaman. Rasa gerah benar-benar bisa berkurang. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa, Base Layer Respiro ini :

1. Cepat menyerap keringat dan mengeringkannya
2. Menjaga suhu panas tubuh
3. Material lembut yang elastis dan body fit

Saat artikel ini dibuat, RESPIRO-RIDINGWARE adalah satu-satunya Produk dalam negeri  yang merilis base layer untuk pengendara motor, dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan merk impor terkenal yang bisa mencapai harga diatas 1 juta rupiah. Sedangkan produk Respiro ini kita bisa dapatkan hanya 1/4 dari harga produk impor. Dan pastinya bisa diadu sendiri kualitasnya, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *